Solusi Ketika HP Kemasukan Air

Solusi Ketika HP Kemasukan Air

Handphone kemasukan air bisa menjadi faktor yang menyebabkan HP rusak. Kerusakan HP karena kemasukan air dapat menyebabkan berbagai komponennya tidak berfungsi dengan normal seperti pada touchscreen, LCD bermasalah, suara tidak normal, tidak bisa dicharger bahkan mati total.

Terdapat beberapa cara mengatasi HP kemasukan air yang penting untuk diketahui agar dapat dilakukan segera setelah terkena air.

Berikut cara mengatasi HP kemasukan air:

1. Keringkan Bagian yang Basah

Keringkan bagian-bagian yang basah dengan tisu atau kain agar air tidak menyebar ke bagian lain. Jika HP jatuh ke dalam kolam air, atau terkena tumpahan air yang mengenai ponsel jika tidak segera diatasi akan meresap ke celah-celah LCD.

Salah satu bagian HP yang rentan rusak jika terkena air adalah LCD. Pastikan segera mengeringkan bagian LCD. Jika LCD kemasukan air maka touchscreen tidak dapat berfungsi.

Sebaiknya tidak menggunakan hair dryer untuk mengeringkan air pada HP. Panas yang dihasilkan oleh hair dryer akan menyebabkan suhu listrik pada komponen HP meningkat.

2. Matikan HP

Sebaiknya HP tidak dinyalakan terlebih dahulu. Menyalakan HP dalam kondisi basah berisiko menyebabkan korsleting yang dapat merusak komponen di dalam HP.

Jika HP tercebur ke dalam kolam dan besar kemungkinan dalam kondisi menyala. Maka segera matikan ponsel untuk menghindari kerusakan HP.

3. Jangan Menekan Tombol

Menekan tombol power off atau volume mungkin secara tidak disadari dilakukan untuk mengetahui apakah HP masih berfungsi atau tidak. Namun hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan terlebih dahulu.

Pastikan tombol-tombol tersebut tidak basah. Jika bagian tombol power off dan volume basah ditekan, air berpotensi masuk ke dalam bagian HP.

4. Jangan Menggoyang-Goyangkan HP

Setelah HP kemasukan air karena terjatuh ke kolam, terkena tumpahan minuman atau terkena air hujan, tidak jarang pemilik HP menggoyang-goyangkan HP atau mengetuk-ngetuk HP dengan tujuan untuk mengeluarkan air.

Padahal cara tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Hal itu untuk mencegah air semakin menyebar ke bagian dalam HP dan memperparah potensi kerusakan.

5. Lepaskan Case atau Cover HP

Jika Hp menggunakan pelindung seperti case, segera lepaskan casing atau cover HP saat mengeringkan tumpahan air pada HP. Keringkan dengan tisu atau kain untuk menghindari air masuk ke bagian kamera belakang dan juga bagian fingerprint.

6. Periksa Komponen yang Berpotensi Menjadi Jalan Masuknya Air

Ketika HP terkena hujan atau cipratan air, beberapa bagian mungkin menjadi jalan masuknya air ke dalam HP. Periksa bagian port charger, socket microphone, dan speaker.

Jika HP tercebur kolam maka kemungkinan besar air dalam jumlah banyak akan masuk melalui komponen-komponen tersebut dan menyebar lebih cepat ke dalam HP.

7. Bersihkan Bagian Kamera

Kamera merupakan komponen penting dari HP. Ketika HP kemasukan air, kamera rentan rusak. Jika masih dapat digunakan, bersihkan air dari bagian kamera, khususnya kamera belakang agar tidak ada air yang mengembun di dalam lensa kamera.

8. Keluarkan SIM Card dan Memory Card

Langkah ini merupakan tindakan antisipasi untuk memastikan slot kartu tidak basah. Jika terdapat titik-titik air, maka segera bersihkan agar tidak merusak SIM card dan memory card.

9. Jangan Menjemur HP di Bawah Sinar Matahari

Menjemur HP yang terkena air di bawah sinar matahari secara langsung justru dapat menyebabkan komponen rusak dan tidak efektif untuk mengeringkan air.

10. Masukkan Kedalam Kantong atau Wadah Berisi Beras

Beras putih dianggap dapat membantu mengurangi kelembaban yang disebabkan oleh air yang masuk ke HP. Terlebih pada HP yang jatuh ke kolam atau terkena hujan. Air akan masuk ke dalam HP yang tidak bisa dijangkau ketika dibersihkan dengan kain atau tisu.

Ambil beras secukupnya atau sekiranya cukup untuk membenamkan HP. Kemudian letakkan beras dalam sebuah kantong atau wadah. Masukkan HP ke dalam kantong atau wadah dan biarkan selama satu hingga dua hari.

Setelah dibenamkan dalam beras selama paling tidak satu hari, periksa apakah HP bisa menyala dan berfungsi dengan normal.

11. Gunakan Gel Silica

Jika trik menggunakan beras tidak efektif untuk mengurangi dampak air pada HP, alternatif lainnya yaitu gel silica. Pada produk yang aru dibeli seperti sepatu, tas, bahkan makanan terdapat gel silica yang dapat digunakan untuk mengatasi HP kemasukan air.

Gel silica berfungsi untuk mencegah kerusakan produk akibat kelembaban udara. Selain itu juga, gel silica dapat menyerap kelembaban udara di dalam tempat tertutup.

Gel silica dapat menyerap air pada bagian di dalam HP yang masih terdapat sisa-sisa air.

Letakkan HP dan silica gel dalam sebuah wadah yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Atau dapat juga diletakkan di dalam lemari. Biarkan selama 1-2 hari agar air di dalam HP bisa terserap.

12. Gunakan Vacuum Cleaner USB

Dikarenakan menggunakan hair dryer tidak disarankan untuk mengeringkan air di dalam HP, Vacuum Cleaner USB dapat menjadu pilihan untuk mengatasi HP kemasukan air.

Vacuum cleaner USB atau mini vacuum cleaner biasanya digunakan untuk membersihkan debu pada beberapa perangkat seperti laptop, keyboard dan lainnya.

Alat ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi air yang mengenai HP. Namun sebelumnya pastikan telah mengeluarkan SIM Card dan microSD.

by: Sutiono S.Kom., M.Kom., M.T.I

Next Post Previous Post